Senin, 12 September 2011

Bahaya Krim Annisa

Sebenarnya pembicaraan mengenai produk kecantikan yang mengandung pemutih sudah sangat basi. Mungkin Anda bosan dengan berbagai informasi yang dulu sering kita peroleh, bahwa produk kosmetik A, B, C dan seterusnya mengandung hidrokinon di atas batas normal dan juga mercury.

Penggunaan mercury sebagai bahan pemutih memang sulit untuk dihentikan begitu saja. Kenapa begitu? Karena orang semakin 'kreatif' dalam memproduksi produk kosmetik baru dengan label yang beragam bahkan mencantumkan label herbal.

Nah, ceritanya saya ngobrol dengan kenalan saya yang kebetulan dia berjualan sebuah krim wajah herbal yang terbuat dari bahan alami. Larisnya bukan main. Lalu saya bertanya, apa saja kandungan dari krim tersebut? Menurut teman saya, krim ini mengandung asam kaprilat yang terbuat dari susu kambing serta minyak zaitun sehingga sangat aman untuk kulit. Fungsi utamanya adalah regenerasi sehingga kulit akan bersih dan putih seperti bayi. Produk ini bernama cream annisa, atau annisa krim herbal atau annisa skin care. Yang menurut berbagai blog adalah hasil penelitian dosen IPB dan sedang dalam proses di badan POM.

Saat mendengar nama produk tersebut, saya ingat bahwa saya pernah membaca di sebuah forum yang menyebutkan bahwa produk ini dulu ditolak dari POM karena mengandung mercury, kemudian setelah itu ganti kemasan dan entah sekarang bagaimana saya kurang tahu. Saat saya sampaikan informasi tersebut ke rekan saya, dia menjelaskan bahwa memang cream annisa mengandung mercury, tapi kadarnya sudah dikurangi menjadi 0,01 saja. Jadi tidak berbahaya bagi tubuh dan bisa larut dalam air. Well, saya mungkin tidak bekerja di bidang Kimia seperti bidang yang saya ambil di UGM dulu, tapi semua wanita yang cerdas tahu bahwa mercury tidak larut di dalam air, dan akan mengendap di dalam tubuh mengakibatkan berbagai gangguan dalam tubuh serta janin. Nah, yang masih ingin mengetahui sifat fisika kimia dari Mercury atau Hg, nama ilmiahnya, dengan senang hati akan saya forward informasinya.

Cantik itu tidak harus putih. Kalau masih mengatakan bahwa cantik itu putih, itu sudah so last year. Oke, untuk tas mungkin kita bisa memakai tas kw super, atau kw 1. Tapi untuk kosmetik dan kesehatan, please SAY NO. Nggak harus naik satu tingkat atau dua tingkat, yang penting bersih dan sehat.

Salam cantik mbak jeung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar